Nasional

Warga Lamaeto “Dihantui” Rasa “Takut” Ulah Penambang TGC.

Luwu Timur – Tambang galian C yang terletak di Desa Lamaeto, Kecamatan Angkona, Lutim, tepatnya di lereng gunung meresahkan warga sekitar.

Pantauan di lapangan, sekitar lokasi tambang tidak ada lagi pepohonan dan nyaris gundul. Terlihat pula sebuah alat berat beraktifitas menggali tanah dan batu.

Parahnya, letak aktivitas tambang tersebut berada diatas gunung, sementara di kaki gunung terdapat pemukiman warga.

Menurut warga sekitar yang enggan menyebut namanya mengatakan, kalau sejak adanya kegiatan tersebut warga bermukim di kaki gunung lokasi penambangan itu mengaku merasa was-was, Senin (26/10/2020).

Terlebih-lebih lagi kata dia, ketika musim hujan, karena sangat dikhawatirkan terjadi longsor.

“Ini bisa saja akan terjadi longsor pak ketika musim hujan. Dan otomatis rumah warga yang berada di kaki gunung akan tertimbun,” ujarnya lagi.

Olehnya itu, kami meminta pihak kepolisian dan instansi terkait menghentikan aktivitas tersebut karena sangat mengancam keselamatan warga, imbuhnya.

Ke arah lokasi tambang terlihat sebuah papan informasi yang tertempel di dinding rumah bahwasanya tambang tersebut memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Didalam papan informasi itu, tertulis pula kalau nama pemilik IUP tersebut yakni Samsuddin dengan luas area pertambangan, 5,06 hektar.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi dari pemilik tambang dan pihak terkait. (Mul/Tim***)

Related posts

Relawan TFK-Covid 19 PP Resmi Dikukuhkan.

admin

UNCP Palopo Resmi di Gugat Mahasiswa di 2 Peradilan

admin

Pospera Seruduk Bawaslu Lutim Terkait Pelanggaran Pilkada.

admin