Pemkab Luwu Timur Kini Punya Tim TPKAD, Ini Tugasnya

  • Whatsapp

Bataragurunews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, kini punya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) setelah dikukuhkan di Aula Sasana Praja, Kantor Bupati Luwu Timur, Jumat (20/11/2020).

Pjs Bupati Luwu TimurJayadi Nas menjelaskan, TPAKD adalah forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait yang dibentuk untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah.

“Serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” kata Jayadi dalam kegiatan tersebut.

TPAKD diharapkan mampu mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

Hal ini dalam rangka mendukung perekonomian daerah dan mencari terobosan untuk membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat.

Diharapkan juga dapat meningkatkan akses pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam menggunakan produk dari jasa keuangan.

Sehingga tidak lagi berfikir untuk mencari akses lain yang tidak resmi didalam menambah modal dengan bunga tinggi.

Jayadi pun mengajak perbankan agar terus menjalin kemitraan dengan Pemkab Luwu Timur, agar perekonomian di Luwu Timur bisa lebih meningkat lagi di masa yang akan datang.

“Serta mengajak untuk bekerja dan bersinergi agar program peningkatan perekonomian memberi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Luwu Timur,” tuturnya.

Program TPAKD secara umum sangat bersentuhan langsung pada upaya peningkatan akses industri jasa keuangan dengan UMKM, kredit melawan rentenir dan kampanye literasi dan inklusi keuangan.

Dari Koordinator TPAKD Sulsel diwakili Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sulsel, Since Erna Lamba mengatakan, TPAKD ini dibentuk membantu masyarakat utamanya petani, peternak, nelayan dan UMKM.

“Serta mendukung ekonomi kreatif untuk mendukung pengembangan pariwisata di dearah/kota bisa bangkit,” katanya.

Hadir Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Muh Nurdin Subandi, Koordinator TPAKD, Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Negara Sulsel diwakili Kepala KPPN Palopo, Yohanis Mandila dan Sekretaris Daerah Luwu Timur, Bahri Suli.

Pos terkait