IPMA Lutim Wotu Gelar Dialog Pendidikan di Era 4.0 di SMAN 2 Luwu Timur Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul IPMA Lutim Wotu Gelar Dialog Pendidikan di Era 4.0 di SMAN 2 Luwu Timur

  • Whatsapp

Bataragurunews.com–katan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur atau IPMA Lutim Komisariat Wotu melaksanakan dialog pendidikan, Kamis (6/2/2020).

Dialog bertema meningkatkan kualitas pendidikan di era 4.0 dan menjawab tantangan bonus demografi berlangsung di SMA 2 Luwu Timur, Jl Pahlawan, Desa Arolipu, Kecamatan Wotu.

Pembicaranya adalah mantan Ketua KNPI Luwu Timur, Ilhamuddin Alkadri, praktisi pendidikan Irmal Gunawan, pakar UMKM Idawati Syamsir dan Ketua KNPI Luwu Timur, Hendrik Amir serta moderator Mismar.

Irmal mengatakan guna meningkatkan kualitas pendidikan di era 4.0 dan menjawab tantangan bonus demografi maka diperlukan perubahan pola pikir.

Caranya mengikuti arus perubahan teknologi informasi namun masih mengedepankan karakter.

Selain itu, memperbanyak literasi dan numerasi yang dibarengi dengan kemampuan 4C (critical thinking, communication, collaboration, creativity dan innovation).

“Sehingga mampu menjadi generasi pencipta lapangan kerja bukan pencari kerja,” kata Irmal dalam guru dan siswa SMKN 2 Luwu Timur.

Penting juga diperlukan penguatan pendidikan karakter dengan mampu mengolah 4 hal yakni olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga.

“Sehingga perkembangan teknologi informasi tak akan pernah mampu menggantikan manusia namun menjadi alat bantu dalam mempercepat proses perubahan,” imbuhnya.

Tema kegiatan guna memberi gambaran bagi generasi muda mempersiapkan bekal dalam bersaing di era teknologi demi meningkatkan kompetensi dan kemandirian siswa dalam bersaing di dunia global.

Sementara, Ketua Umum Komisariat Wotu, Muh Al Kautsar dialog juga untuk menjaga eksistensi lembaga.

Termasuk sebagai ajang silaturahmi dengan guru dan siswa SMA negeri 2 Luwu Timur. Dialog berjalan sangat dinamis dan interaktif para siswa dengan para narasumber. (red)

Pos terkait